Rabu, 13 Februari 2013

Resep Minuman Kolak Apel


resep minuman kolak apelSaat anda ditanya menu apa yang paling khas disantap sebagai pembuka buka puasa, pasti dari anda sebagian menjawab kolak. Yup, kolak merupakan minuman yang sudah dikenal terkenal di Indonesia terutama saat bulan ramadhan.
Kolak, umumnya terbuat dari beberapa bahan utama yakni santan, umbi-umbian dan buah-buahan.  Jenis kolak yang sering kita jumpai adalah kolak pisang, kolak singkong, dan kolak ubi. Selain itu ada juga kolak durian yang pastinya sangat disukai oleh anda penggemar durian.
Nah, jika  untuk anda yang senang mengkonsumsi kolak dan selalu ingin mencoba hal baru kenapa tak coba kolak apel. Terdengar asing kan?, tapi jangan khawatir resep minuman kali ini dijamin lezat dan nikmat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat kolak apel adalah sebagai berikut :
# 4 buah Apel malang
# 250 gr gula aren
# 20 gr santan
# gula pasir secukupnya
# garam secukupnya
# 2 cm jahe
# 3 lembar pandan, simpulkan
Nah, bahan yang harus disiapkan tidak banyak kan?. Untuk membuatnya, berikut tahapannya :
  1. Kupas buah apel, setelah itu potong kecil-kecil menyerupai dadu
  2. Rebus apel yang telah dipotong bersama gula . Agar apel yang dijadikan kolak ini tetap memiliki kerenyahan dan rasa yang enak, sebaikanya waktu perebusan tidak terlalu lama.
  3. Tambahkan gula aren dan garam
  4. Tuangkan santan dan pandan ke dalam rebusan apel, usahakan agar santan tidak pecah. Caranya gunakan api kecil dan aduk perlahan-lahan
  5. Kolak apel siap disajikan
Resep minuman yang mudah bukan ?. Untuk penyajian kolak apel ini , anda bisa menyuguhkannya hangat atau dingin. Jika ingin disajikan dalam keadaan dingin, anda cukup menambahkan es batu ke dalam kolaknya. Yang jelas, baik panas atau dingin, kolak ini pastinya sangat lezat.
Selain nikmat untuk disantap, kolak ini juga patinya bergizi tinggi. Apel memiliki kadar antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang baik  untuk menjaga kesehatan anda.
Selamat mencoba ya, semoga resep minuman ini bermanfaat ^^
Sumber : resepkuliner-id.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar