Rabu, 13 Februari 2013

Resep Minuman Kolang Kaling Kelapa


resep minuman kolang-kaling kelapa
Kolang-kaling sudah sangat tersohor sebagai campuran bahan campuran minuman yang sangat enak. Apalagi saat bulan puasa, rasanya tak lepas dari kolang-kaling. Tapi tahukah anda darimana kolang-kaling berasal?
Kolang kaling berasal  dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah. Untuk membuat kolang-kaling, buah aren dibakar telebih dahulu buah aren hingga hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus tersebut kemudian direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Ditinjau dari sudut gizi, buah bertekstur kenyal dan berwarna putih bening ini sebetulnya tidak memiliki kandungan nutrisi yang hebat. Namun demikian, bukan berarti ia tidak bermanfaat sama sekali. Setidaknya, jika dimakan tanpa banyak menggunakan gula, kolang-kaling dapat memperlancar kerja saluran cerna, sehingga secara tidak langsung juga akan melancarkan buang air besar (BAB).
Nah setelah tahu tentang kolang kaling, tak ada salahnya kan tahu tentang cara membuat minuman dengan bahan dasar kolang-kaling.. Kali ini kita akan membuat es kolang-kaling kelapa. Ini dia resep minumannya
Bahan-bahan yang perlu anda siapkan yakni :
  • 1 gelas blimbing kolang-kaling yang sudah direbus
  • 1 kaleng minuman soda (fanta merah), atau warna lain
  • 1 buah kelapa muda,  yang sudah dikerok panjang, beserta air kelapanya
  • gula pasir/syrup vanilla
Cara membuatnya, yakni :
  • rendam kolang-kaling yang sudah direbus hingga empuk dalam minuman soda (kolang-kaling dalam keadaan dingin/tidak panas). Masukkan dalam kulkas dalam wadah tertutup. direndam -/+ 6 jam, agar warna dan rasa dari minuman soda meresap ke kolang-kaling.
  • setelah warna kolang-kaling berubah jadi cantik, campurkan dalam wadah yang lebih besar dengan kelapa muda yang sudah dikerok beserta air kelapa,tambahkan gula pasir/syrup vanilla secukupnya.
  • aduk hingga rata, tambahkan es batu dan siap dihidangkan.
Resep minuman ini sesuai untuk takaran kurang lebih 5 gelas. Kesegarannya sudah terbayang kan di benak anda?, apalagi dengan warna-warnanya yang menarik.
Bagikan resep minuman ini untuk sahabat anda ya…Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar